IPS Kelas 7: KEADAAN ALAM INDONESIA

 

Teman-teman Ibnu Khaldun SMPIRA, dalam pelajaran yang lalu, kita pernah mengulas luas negara kita, dimana sekitar 2/3 luas Indonesia adalah lautan. Dari total luas Indonesia 5.180.053 Km persegi, 1.922.570 Km perseginya adalah daratan, 3.257.483 Km perseginya adalah lautan. Sedangkan jumlah pulaunya mencapai 17.508 pulau. 

Negeri Indonesia juga ada di pertemuan 3 lempeng yakni: Indo-Australia, Eurasia dan Lempeng Pasifik. Tumbukan lempeng ini mengakibatkan terbentuknya rangkaian gunung api di sepanjang Sumatra, Jawa, dan Nusa Tenggara. Beberapa contoh gunung api aktif di Indonesia sebagai berikut:

                          (gambar: gunung merapi)

Gunung Anak Krakatau di Lampung Selatan, Lampung.

Gunung Merapi di Sleman, Magelang, Boyolali, Klaten, Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah.

Gunung Kelud di Kediri, Blitar, Malang, Jawa Timur.

Gunung Sinabung di Dataran Tinggi Karo, Sumatra Utara

Gunung Bromo di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Jawa Timur.

Gunung Soputan yang terletak di Kabupaten Minahasa Tenggara, Provinsi Sulawesi Utara

Selain itu, tumbukan antar lempeng juga menghasilkan getaran sampai permukaan bumi yang disebut gempa bumi. Ada 2 jenis gempa bumi:

 

1. Gempa Vulkanik, yaitu gempa yang terjadi karena adanya aktivitas kegunungapian.

Picture


2. Gempa Tektonik, yaitu gempa yang terjadi karena pergerakan lempeng tektonik

Nah, pada pelajaran kemarin juga kita sudah belajar tentang pengarug letak astronomis Indonesia yang membuat Indonesia termasuk negara yang beriklim tropis. Selain beriklim tropis, Indonesia juga punya 2 musim yaitu: Musim Hujan dan Musim Kemarau.How did the amazing boulders of Rock Forest near Bathurst come to be? - ABC  NewsANALISIS WAKTU BERAKHIRNYA GEMPA BUMI SUSULAN DENGAN METODE MOGI - PDF Free  Download

Musim hujan di Indonesia terjadi karena angin muson (angin yang terjadi karena perbedaaan tekanan antara samudera dan benua)  bergerak dari samudra Pasifik membawa uap air ke wilayah Indonesia. Karenanya disebut angin muson barat. Musim hujan terjadi dari Oktober sampai April

Musim Kemarau di Indonesia terjadi karena angina muson bergerak dari benua Australia melewati gurun yang sedikit uap air sampai ke Indonesia. Karenanya disebut Angin Muson Timur. Musim Kemarau terjadi dari Mei sampai September.

 contoh gambar angin muson barat dan muson timur - Brainly.co.id

Oiya teman-teman, pengaruh iklim tropis juga membuat Indonesia kaya akan Flora dan Fauna ya….

Indonesia tercatat ditempati 2.827 jenis satwa vertebrata non ikan. Dari jumlah tersebut 848 diantaranya merupakan endemik, yakni jenis yang hanya ada di Indonesia.

Disamping itu Indonesia juga ditumbuhi sekitar 37.000 jenis tumbuhan tinggi dari antara 155.475-183.025 tumbuhan yang ada di di dunia. Dari jumlah tersebut sekitar 14.800-18.500 tumbuhan merupakan tumbuhan endemik Indonesia.


Indonesia merupakan negara kedua yang memiliki keanekaragaman hayati setelah Brasil.

Ada 3 tipe Flora dan Fauna di Indonesia:

1. Flora dan fauna Indonesia Barat, Tipe Asiatis (memiliki kemiripan dengan flora dan fauna di benua Asia) di wilayah Sumatera, Jawa, Bali, dan Kalimantan.


 Orangutan Sumatera (Pongo abelli) Reipok Rere bergelantungan di kawasan hutan reintroduksi cagar Alam Jantho, Aceh Besar, Aceh, Selasa (18/6/2019). Dua orangutan Sumatera, Reipok Rere dan Elaine, menghabiskan hampir dua tahun untuk belajar mengurus diri di pusat rehabilitasi dan forest school (sekolah hutan) hingga akhirnya dikembalikan ke alam liar di kawasan hutan cagar alam Jantho.

Contoh faunanya: Gajah, macan, tapir, badak bercula satu, banteng, kerbau, rusa, babi hutan, orang utan, monyet, bekantan, biawak, bunglon, kura-kura, trenggiling, burung hantu, gagak, jalak, elang, merak, kutilang, hingga  ikan air tawar seperti pesut (jenis lumba-lumba di Sungai Mahakam) dapat ditemui di wilayah ini.

 
The largest flowers in the world: Amorphophallus titanum and Rafflesia

Contoh floranya: Karet, kapur barus (kamper), kemenyan, meranti,rotan,  mahoni, jamur dan damar. Ada juga bunga Rafflesia Arnoldi, bunga bangkai (Amorphopallus Titanum) di Bengkulu.

2. Flora dan fauna Indonesia Bagian Tengah, Tipe Peralihan (Ada beberapa flora dan fauna tipe Asiatis dan Australis) di Sulawesi, Maluku, Timor, dan Nusa Tenggara serta sejumlah pulau-pulau kecil di sekitar pulau-pulau tersebut.

komodo adalah

Contoh faunanya:
Komodo, Babi rusa, anoa, ikan duyung, kuskus, monyet hitam, kuda, sapi, monyet saba, tarsius, banteng.

Contoh floranya:

Curah hujan yang rendah membuat flora Indonesia bagian tengah didominasi hutan jati, hutan pegunungan, hutan sabana dan stepa.

 

3. Flora dan fauna Indonesia Timur, Tipe Australis di wilayah Papua, Halmahera, dan Kepulauan Aru.



cendrawasih.jpg

Contoh faunanya:

Kanguru, beruang, walabi, ekidna, kuskus, pemanjat berkantung (oposum layang), kanguru pohon, kelelawar, burung cendrawasih, kakatua, nuri, kasuari.

 

Contoh floranya:

Pohon sagu, pohon nipah, hutan bakau, rasamala, tanaman eucalyptus serta jenis pemetia pinnata atau matoa.

 

 REVIEW MATERI 

1. Sebutkan 2 bentuk gempa dan jelaskan!

2. Sebutkan 3 gunung api di Indonesia (lengkap dengan letaknya)!

3. Mengapa terjadi musim hujan dan musim kemarau di Indonesia? Jelaskan!

 4. Sebutkan masing-masing 2 Flora dan 2 Fauna tipe Asiatis, tipe Peralihan dan Tipe Australis!

 

 

Komentar