IPS Kelas 9: Dinamika Penduduk di Benua Amerika, Eropa dan Afrika

 

Teman-teman, kalau kemarin kita belajar tentang dinamika penduduk Asia, Pak Danni akan sekilas menjelaskann dinamika penduduk di  Benua Amerika, Benua Eropa, dan Benua Afrika.

 

Kita mulai dari Dinamika Penduduk Amerika ya…

 

Dinamika Penduduk Amerika 

Laju pertumbuhan penduduk Benua Amerika tergolong rendah. Dari total 5 benua di dunia, Amerika menempati urutan ke-3 jumlah penduduknya setelah Benua Asia (4,6 miliar), Benua Afrika (1,3 miliar), Benua Amerika (1,01 miliar jiwa).

Mayoritas penduduk di benua Amerika, atau sekitar 66 persen berada di usia produktif.  Masih ingat kan “Usia Produktif”?  Usia yang mampu menghasilkan barang dan jasa (Usia 15-64 tahun)

 

53 Rare Historical Photos With Descriptions (53 photos) | KLYKER.COM |  Native north americans, Native american photos, Native american heritage

Penduduk asli Amerika terdiri dari Suku Indian dan suku Eskimo. Penduduk pendatang berasal dari berbagai benua yang terdiri atas tiga ras utama, yaitu Ras Negroid dari Afrika, ras Mongoloid dari Asia, dan ras Kaukasoid yang berkulit putih dari Eropa. 

Multinational together. African, american, asian and european boys and girls tog. Girls Together, People Laughing, Technology Logo, Boy Or Girl, Logo Design, European Girls, African, Stock Photos


Bahasa Inggris, Portugis, Prancis dan Spanyol adalah sejumlah bahasa yang digunakan negara-negara di benua Amerika. 

https://7esl.com/wp-content/uploads/2019/05/South-American-Countries.jpg

Diantara budaya yang paling dikenal misalnya tarian Samba dari Brazil, Tango dari Argentina dan Uruguay. Kalau kamu pernah dengar bela diri “Capoeira”, itu adalah bela diri yang berasal dari Brazil.

A History of Brazilian Capoeira

 

Dinamika penduduk benua Eropa

Pertambahan penduduk Benua Eropa relatif lebih rendah dari Amerika dan Asia.


Berdasarkan ras dan ciri fisiknya, penduduk Benua Biru dikelompokkan menjadi lima suku bangsa, yaitu sebagai berikut.


1. Bangsa Nordik, ciri fisik suku bangsa ini memiliki rambut pirang, mata biru, tengkorak panjang, dan muka sempit. Mereka banyak tinggal di Eropa Barat dan Eropa Utara, yaitu Norwegia, Inggris, Denmark, Belanda, Swedia, Belgia, dan Jerman bagian utara.

My Journey to Islam – Myriam Francois-Cerrah – The Muslim Times 

( Pic: Myriam François-Cerrah, Mantan Aktris, Jurnalis dan Doktor dari Universitas Oxford)

2. Bangsa Alpen, ciri fisik memiliki rambut hitam, mata hitam, tengkorak lebar, dan tidak terlalu tinggi. Suku bangsa ini banyak terdapat di Eropa Tengah dan Eropa Selatan, yaitu Perancis, Swiss, Polandia, Austria, dan Jerman bagian selatan.


French Muslim student Maryam Pougetoux hits back over headscarf claims –  The Muslim Times 

( Pic: Maryam Pougetoux, Ketua BEM Universitas Sorbonne Prancis)

3. Bangsa Mediteran, ciri fisik memiliki rambut hitam, mata hitam, badan dan tengkorak menyerupai bangsa Nordik, terdapat di kawasan Eropa Selatan, yaitu Yunani, Italia, Portugis, dan Spanyol.

Late 90´s. Maldini, Nesta, Canavarro, Totti, Inzaghi e Del Piero | Bóng đá,  Kiểu tóc, Hình ảnh

 ( Pic: Mantan Pungawa Timnas Italia)

4. Bangsa Slavia, ciri fisik menyerupai bangsa Alpen. Mereka banyak tinggal di Eropa Timur yaitu Kroasia, Bulgaria, Serbia, Montonegro, Ceko, Rusia, Ukraina, dan Slovakia.

Katya Kotova, Russian woman converted to Islam. revert saudi prophet hadith  aljazeera english - YouTube

( Pic: Keta Kotova, Gadis Rusia yang memeluk Islam)

5. Bangsa Dinarik, ciri memiliki rambut gelap dan banyak terdapat di Rumania.

Agama mayoritas yang dianut di benua Eropa yaitu Katolik Roma, Kristen Protestan, dan Kristen Ortodoks. Sedangkan Islam dianut oleh mayoritas warga di negara Bosnia dan Albania. Sedangkan di Jeman, Prancis dan Belanda, Islam menjadi yang terbanyak kedua.


Bosnia and Herzegovina 2014 FIFA World Cup Squad: Player by Player Guide |  Bleacher Report | Latest News, Videos and Highlights  

( Pic: Timnas Bosnia)

Bahasa Inggris menjadi bahasa internasional. Bahasa terbesar di Eropa adalah Rusia kemudian diikuti Jerman.

 

Dinamika penduduk Benua Afrika


Laju pertumbuhan penduduk Afrika sangat tinggi, yaitu 2,5% per tahun. Angka kelahiran di Afrika yang mencapai angka 36 tiap 1000 penduduk. Angka kematian penduduk Afrika juga besar yaitu mencapai 10 jiwa tiap 1.000 penduduk.

 

Sedangkan agama di Afrika beragam. Di kawasan Afrika Barat dan Utara, Islam menjadi agama yang dominan. Di kawasan Afrika Selatan, jumlah pemeluk agama Kristen lebih banyak dibandingkan Islam dan Hindu. 

 Dibanding Mohamed Salah, Sadio Mane Paling Mungkin Gabung Real Madrid -  INDOSPORT

 Dua penyerang sayap milik Liverpool, Sadio Mane dan Mohamed Salah.

( Pic: Pesepakbola Asal Mesir, Moh Salah dan Pesepakbola Senegal, Sadio Mane)

 

 Di kawasan Afrika Tengah, jumlah terbanyak ialah penganut kepercayaan animisme. Adapun di kawasan Afrika Timur, penganut Islam dan kepercayaan animisme hampir sama banyaknya. 

Nigeria: Export skills for Nigerian Muslim women - HalalFocus.net - Daily  Halal Market News

Agama lain yang dianut oleh penduduk Afrika ialah Yahudi, dan Katolik Roma


Di Afrika terdapat bahasa utama yang digunakan yaitu Arab, Swahili, dan Hausa. 

 

KUIS! (silahkan dikerjakan)


Klik disini 

atau 


joinmyquiz.com  

dan masukan kode ini:

38550880

 

 

Komentar