IPS Kelas 7: Zaman Praaksara dan Prasejarah

 

Zaman Praaksara dan Prasejarah (1)

Masa Praaksara atau prasejarah adalah zaman pada saat manusia belum mengenal tulisan atau huruf.

Pra= Sebelum
Aksara= Tulisan 

Jadi bisa dipahami zaman Praaksara adalah zaman dimana manusia sebelum mengenal tulisan.

Zaman praaksara juga di sebut dengan zaman nirleka
 
Nir = tidak
Leka = tulisan/aksara. Yang berarti zaman tidak ada tulisan.

Setelah manusia mengenal tulisan maka disebut zaman sejarah. Berakhirnya zaman prasejarah setiap bangsa berbedabeda berdasarkan perkembangan setiap bangsa tersebut serta informasi yang masuk ke bangsa itu.

Misalnya bangsa Mesir Kuno meninggalkan zaman praaksara sekitar 4000 SM, bangsa Sumeria dan Dravida meninggalkan zaman praaksara sekitar 3000 SM, sedangkan bangsa Indonesia meninggalkan zaman praaksara 400 M berdasarkan bukti adanya Yupa (batu bertulis) peninggalan Kerajaan Kutai di Muara Kaman, Kalimantan Timur






Periodisasi Masa Praaksara

Untuk mengetahui perkembangan manusia sejak awal kehidupannya, perlu terlebih dahulu mempelajari periodisasi atau pembabakan zaman di muka bumi. Pembabakan dapat dilakukan secara geologis, arkeologis, dan perkembangan kehidupan manusia. Berikut ini, tiga pembabakan atau periodisasi itu; 




Periodisasi secara Geologis (Ilmu bumi)
1) Arkaekum
Zaman ini berlangsung kira-kira selama 2500 juta tahun. Pada saat itu kulit bumi masih panas sehingga belum terdapat kehidupan.


 



2) Palaezoikum
Zaman ini berlangsung selama 340 juta tahun. Makhluk hidup yang muncul pada zaman ini seperti mikro organisme, ikan, amfibi, reptil, dan binatang yang tidak bertulang punggung. Zaman ini sering disebut juga zaman primer.


 


3) Mesozoikum
Zaman ini  berlangsung kira-kira selama 140 juta tahun. Pada zaman ini pertengahan ini, jenis reptil mencapai tingkat yang terbesar sehingga pada zaman ini sering juga disebut zaman reptil. 


Zaman ini sering disebut juga zaman sekunder atau zaman hidup pertengahan. Setelah berakhirnya zaman ini, maka muncul kehidupan yang lain, yakni jenis burung dan binatang menyusui yang masih rendah sekali tingkatannya. Adapun jenis reptilnya mengalami kepunahan.




4) Neozoikum
Zaman ini sering disebut zaman hidup baru yang dapat dibedakan menjadi 2 zaman, yakni;


a) Tersier atau zaman ketiga
Zaman ini berlangsung kira-kira selama 60 juta tahun. Zaman ini ditandai dengan perkembangan jenis binatang menyusui seperti kera.





b) Kuartier atau zaman keempat
Zaman ini ditandai dengan adanya kehidupan manusia sehingga merupakan zaman terpenting. 


Zaman ini  dibagi lagi menjadi 2 zaman, yakni zaman Pleistocen dan Holocen.

Zaman Pleistocen atau Dilluvium berlangsung kira-kira 600.000 tahun yang ditandai dengan adanya manusia purba.

Zaman Holocen atau Alluvium berlangsung kira-kira selama 20.000 tahun yang lalu dan terus berkembang sampai dewasa ini. Pada zaman ini, ditandai dengan munculnya manusia jenis Homo Sapiens yang memiliki ciri-ciri seperti manusia yang hidup pada zaman modern sekarang.

Teman-teman bisa ngeklik link youtube ini ya...Video Zaman Praaksara

 

LATIHAN

1. Jelaskan apa yang dimaksud zaman praaksara

2. Sebutkan nama lain zaman neozoikum?  Dan jelaskan ciri-cirinya!

3. Sebutkan bukti apa yang menunjukan Indonesia memasuki zaman sejarah (mengenal tulisan)!

 



Komentar