I|PS Kelas 8: Penguatan Ekonomi Maritim

 


Assalamu'alaikum, temen-temen Pa Danni minta baca dulu...Yang dibold merah, penting untuk dicatat. Yang dibold biru penting untuk dikerjakan...


Klik Ini dulu ya...

Udah ada yang pernah kesana? Indah bukan…!

Nah, tentang wisata bahari jadi salah satu bahasan kita tentang “Penguatan Ekonomi Maritim”

Teman-teman pernah dengar tentang istilah Negara Maritim? Negara kita sering dijuluki negara maritim karena luas wilayah lautan lebih banyak ketimbang daratan, atau suatu negara yang terdiri banyak pulau.

Lalu apa yang dimaksud Ekonomi Maritim?

Ekonomi maritim adalah segala kegiatan ekonomi yang berlangsung di kawasan pesisir laut maupun lautan. Kegiatan ekonomi maritim ini adalah kegiatan ekonomi yang cukup banyak dilakukan oleh negara-negara kepulauan maupun negara-negara yang mempunyai luas lautan yang cukup signifikan.

Ekonomi maritim juga mencakup transportasi laut Industri penggalangan kapal beserta perawatannya Pembangunan dan pengoperasian pelabuhan Industri dan jasa terkait kemaritiman.

Ada beberapa sektor yang ada dalam lingkup ekonomi maritim di Indonesia, yaitu sektor pelayaran, sektor perikanan dan parisiwata bahari. Seperti pa danni share di gambar berikut...

Tolong catat tabel di bawah ini ya...


  • Sektor Pelayaran

Kondisi pelayaran di Indonesia belum maksimal. Armada kapal nasional masih belum cukup memenuhi kebutuhan. Sistem pelabuhan saat ini hanya berperan sebagai ranting dari Singapura atau pelabuhan luar negeri lainnya.  Daya saing sumber daya manusia di sektor pelayaran masih relatif rendah.

·       Sektor Perikanan

Potensi sektor perikanan Indonesia sangat besar. Namun demikian, kontribusi sektor perikanan terhadap pendapatan nasional masih rendah




·       Sektor Pariwisata Bahari

Wisata Bahari menyerap tenaga kerja, meningkatkan pendapatan masyarakat, mendatangkan wisatawan yang berasal dari luar negeri. Daerah-daerah Indonesia yang menjadi surge wisata bahari adalah Raja Ampat, Bunaken, Labuan Bajo, Wakatobi, Kepulauan Seribu, dll. 




Sektor maritim memberikan kontribusi yang cukup besar bagi perekonomian di seluruh dunia. Berikut strategi penguatan ekonomi maritim...



Pa Danni minta temen-temen untuk membuat tulisan deskriptif tentang satu objek wisata bahari di buku kalian...Boleh berdasarkan pengalaman wisata bersama keluarga atau pilihan teman-teman sendiri setelah googling, contohnya Raja Ampat, Bunakenm dll. Pilih salah satunya.

 

Komentar