IPS Kelas 7: Pengelolaan Keuangan (2)

 

Assalamu'alaikum, temen-temen kelas 7 SMPIRA, Pa Danni minta temen-temen baca dulu....Dan catat yang ditulis MERAH.

Setiap orang pasti bercita-cita untuk hidup sejahtera, terpenuhi seluruh kebutuhan ( needs) dan keinginannya (wants). Dalam kehidupan nyata, tidak setiap kebutuhan dan keinginan itu dapat terwujud. Sumber daya yang dimiliki setiap orang (sumber daya manusia, alam, modal sampai keahlian/skill) terbatas. Tidak sedikit orang yang berpenghasilan tinggi merasa serba kekurangan. Disisi lain, orang yang berpenghasilan pas-pasan dapat mencukupi kebutuhannya. Faktor yang membedakan adalah cara pengelolaan keuangan.

 


Perencanaan dan Penganggaran Keuangan Daerah

Pengelolaan keuangan adalah tindakan untuk mencapai tujuan keuangan di masa yang akan datang, yang meliputi pengelolaan keuangan pribadi, keluarga, dan perusahaan.

Pengelolaan keuangan merupakan bagian penting dalam mengatasi masalah ekonomi, baik masalah ekonomi individu, keluarga maupun perusahaan. Pengelolaan keuangan meliputi:

Median Salary Differs From Average Salary in an Important Way
1. Mendapatkan Uang
Untuk mendapatkan uang, kalian dapat melakukan beberapa kegiatan, antara lain:
a. Menyisihkan uang saku yang diperoleh secara harian atau bulanan;
b. Menyisihkan hadiah dari ulang tahun, lebaran, atau hasil prestasi sekolah; atau
c. Bekerja membantu orang tua atau usaha berdagang sendiri ( jual beli pulsa, jual beli buku, jual beli makanan/minuman, atau bisnis online)

.

The Right Way To Save Money - Gichuki Kahome
2. Menyimpan Uang
Masing-masing kalian tentu mempunyai kebutuhan. Kebutuhan sebagai pelajar antara lain buku, tas sekolah, atau sepatu. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, tanpa harus membebani orang tua, kalian dapat menyisihkan sisa uang saku atau hadiah lebaran. Uang yang disisihkan itu dikumpulkan dan disimpan, antara lain dengan cara:
a. Menitipkan uang kepada orang tua/sekolah;
b. Menyimpan uang di rumah; atau
c. Menabung di bank.

 



3. Mengembangkan Uang
Menyimpan uang dengan cara menitipkan kepada orang tua atau di rumah mempunyai beberapa kekurangan, seperti keamanan dan tidak mendapatkan hasil. Agar mendapatkan hasil yang lebih, ada beberapa cara, antara lain:
a. Menyimpan uang di bank karena akan mendapatkan bunga/bagi hasil; atau
b. Sebagai modal untuk pengembangan usaha

 

 Bukan Lagi Zamannya Nonton Film Pakai Antri! Ini Dia Tips Praktis Nonton di  Bioskop | Bisnis Agen Pulsa PPOB dan Pembayaran terpercaya #1 di Indonesia

4. Menggunakan Uang
Selain mengembangkan uang dengan cara menyimpannya di bank atau menjadikannya sebagai modal usaha, sikap dalam penggunaan uang itu sendiri sangat penting. Penggunaan uang secara bijaksana merupakan sifat pribadi yang harus ditanamkan atau diajarkan sejak dini.
Beberapa sikap yang harus ditumbuhkembangkan sejak dini dalam penggunaan uang, antara lain:
a. Menggunakan uang berdasarkan kebutuhan bukan keinginan;
b. Bersifat hemat, tidak boros, dan konsumtif; atau
c. Tidak pamer dan bersifat hedonis.



Pengetahuan dan keterampilan dalam mengelola keuangan dikenal dengan istilah literasi keuangan. Penting gak sih dalam kehidupan sehari-hari?

Contoh literasi keuangan yang paling mudah ditemukan misalnya ketika seseorang mampu membedakan mana kebutuhan dan keinginan dalam mengelola uang. Memang ada bedanya? Keduanya jelas berbeda. Kebutuhan merupakan berbagai hal yang harus diprioritaskan dan tidak dapat ditunda. Sementara keinginan datang dari hasrat dan nafsu konsumtif kita semata. 

Meski terlihat sepele, jika memahami konsep dasar contoh literasi keuangan tersebut, kamu dapat mengubah cara pandang dalam mengelola keuangan. Singkatnya, begitulah literasi keuangan bekerja.

Nah, supaya jelas, mari kita lihat satu contoh literasi keuangan yang paling sederhana. Mari kita asumsikan bahwa Azzam menghasilkan Rp 1.000.000,00 saat lebaran, sedangkan Dono Rp.1.500.000,00

Berikut rincian pengeluaran Azzam;

Pembelian Headset: RP 50.000,00

Jajan di Mall: Rp 75.000,00

Pembelian buku cerita: Rp 50.000,00

Uang pegangan: Rp.100.000,00

Menabung di celengan: Rp 100.000,00

Infak: Rp 25.000,00

Logam Mulia Emas 0,5 Gram: Rp 600.000,00

Total: Rp 1.000.000,00

 

Berikut rincian pengeluaran Dono;

Pembelian top up: Rp 300.000,00

Nonton bioskop dan jajan di mall: RP 250.000,00

Pembelian speaker gaming: Rp 300.000,00

Pembelian baju bola: Rp 125.000,00

Pembelian sepatu futsal: Rp 275.000,00

Uang Pegangan: Rp 200.000,00

Menabung di celengan: Rp 50.000,00

 Total: Rp 1.500.000,00

 

 

Teman-teman, setelah membaca dan mencatat hal yang penting, Pa Danni memberi tugas di bawah ini....Tugas dikumpulkan pekan depan ya!  

 

TUGAS!

1.Bagaimana pendapatmu tentang ilustrasi di atas! Siapakah yang lebih paham mengelola uang lebaran? Jelaskan!

2. Buatlah rancangan pengelolaan Uang THR mu!

 

 

 

 

 

 

Komentar