IPS Kelas VII Kurmer: Pengelolaan Keuangan (1)

 


Assalamu’alaikum, temen-temen kemarin lebaran pastinya dapet THR ya…Oiya, kira-kira udah ludes atau masih ditabung nih? Nyambung sama THR, Pa Danni akan menjelaskan ke temen-temen tentang “Pengolaan Keuangan”


Sebelum membahas mengenai pengelolaan keuangan, kita akan belajar mengenai konsep uang, pendapatan, tabungan, investasi serta literasi keuangan.

Nah temen-temen harap mencatat ya….

 

 

1. Uang

Uang adalah alat pembayaran sah yang digunakan dalam transaksi jual-beli barang/jasa. Uang terbagi dua, yakni uang kartal dan uang giral. Uang kartal yaitu uang logam dan kertas. Sedangkan uang giral merupakan deposito atau simpanan di bank yang dapat diambil melalui cek, giro, atau surat perintah pembayaran lain yang sah.

 Simak Kurs USD, Poundsterling, Hingga Yuan Kamis 13 April 2023! - Bisnis  Liputan6.com

2. Pendapatan

Pendapatan adalah sesuatu yang didapat dari hasil kerja. Pendapatan setiap orang berbeda tergantung jenis pekerjaan yang dilakukan. Pendapatan bisa berupa gaji, keuntungan (laba), sewa, atau bagi hasil. Pendapatan seseorang dapat digunakan untuk melakukan konsumsi maupun disimpan dalam bentuk tabungan. Sehingga besarnya pendapatan akan sama dengan besarnya konsumsi ditambah dengan tabungan.

Pendapatan : Pengertian, Sumber, Jenis & Karakteristiknya Lengkap

 

3. Tabungan

Tabungan merupakan simpanan yang berasal dari pendapatan, berupa uang yang belum atau tidak digunakan untuk keperluan sehari-hari atau kepentingan lain. Saat ini masyarakat lebih sering menabung di bank.

 Kawula Muda, Ini Lho Beda Tabungan dan Investasi. Simak Yuk!

4. Investasi

Jika tabungan bertujuan untuk menyimpan uang yang tidak digunakan sementara investasi bertujuan untuk meningkatkan nilai tambah yang dimiliki. Seseorang, yang melakukan investasi berharap mendapatkan imbalan berupa laba, dan bagi hasil. Contohnya; saham, obligasi, reksadana, logam mulia (emas) hingga dalam bentuk property seperti rumah ataupun tanah

 

Rumah Anda Kecil? Jangan Khawatir, Ada 5 Keuntungannya Halaman all -  Kompas.com

 

7 Cara Menabung Emas di Rumah, Lebih Praktis dan Aman!

 

TUGAS!

Setelah kalian mencatat, saatnya kalian mengerjakan tugas.

Ceritakan pengalaman kalian dalam sebuah tulisan tentang THR lebaran. Ceritakan siapa sajakah yang memberi kalian uang lebaran, dan bagaimana kalian menggunakan uang tersebut, apakah dijajankan saja, membeli sesuatu barang yang kalian sukai, atau kalian tabungkan atau mungkin diinvestasikan.

Komentar