PP Kelas 8: Tiga Level Literasi Digital


 

Temen-temen, masih inget kan apa yang dimaksud literasi digital??

Nah, video Pa Danni di atas adalah contoh sederhana dari literasi digital.

 

Sederhananya, literasi digital adalah pengetahuan dan keterampilan memanfaatkan media digital, seperti internet, aplikasi, teknologi komunikasi dan informasi.

Di masa depan, kita bakal dihadapkan dengan tantangan teknologi digital yang makin canggih. Misalnya, AI (artificial intelligence). Kini, AI sudah banyak dimanfaatkan di ruang-ruang publik untuk promosi, periklanan, desain video, dan penunjang pembelajaran.

Ada tiga level literasi digital menurut Mayes dan Fowler.

Level pertama, Kompetensi digital (Digital Competence), yaitu kemampuan kemampuan untuk memilah dan mengolah berbagai informasi dalam dunia digital. Contohnya, kita yang hobi berselancar googling, IG, tiktok, Youtube, harus tahu bagaimana menghadapi berbagai informasi yang didapat apakah informasi tersebut benar, atau cuma hoaks.


 

Level kedua, pemanfaatan digital (Digital usage) adalah kemampuan untuk memanfaatkan informasi yang telah disaring menjadi sesuatu hal produktif. Misalnya, tutorial editing video, tutorial bisnis, games sampai pekerjaaan rumah, kita manfaatkan untuk memudahkan kehidupan kita sehari-hari. Misalnya, memperbaiki ledeng yg rusak, mempebaiki motor yg mogok, dll. Kita mampu memanfaatkan tutorial di internet. 


 

Level ketiga, transformasi digital (Digital Transformation), kemampuan memanfaatkan teknologi digital untuk melakukan inovasi yang menghasilkan metode atau produk yang bermanfaat. Misalnya, platform transportasi seperti ojek online, platform kursus online, games online, platform pasar online, youtuber yg menghasilkan uang, dll. Seringkali transformasi digital bernilai bisnis….WOW..

Kalian udah di level mana???

 

REVIEW

1.    Sebutkan 3 level literasi digital dan contohnya!

2.    Kalian sudah dalam level yang mana? Berikan contohnya!

3.    Apakah manfaatnya kita menguasai literasi digital? Jelaskan!

Komentar

Posting Komentar