IPS Kelas 9: Amerika Serikat, Inggris dan Australia

 

Materi IPS Kelas 9

 

Teman-teman Pak Danni ngajak baca dulu resume di bawah ini tentang 3 negara dengan satu rumpun bangsa, Inggris. Negara itu adalah: Amerika Serikat, Inggris dan Australia.

 

1. Amerika Serikat

 

Nama internasionalnya USA: United States of America atau lebih populer disebut US (United States). Penduduk asli Amerika adalah Suku Indian sebelum akhirnya orang-orang Inggris melakukan kolonisasi (perpindahan penduduk ke negara jajahan)

 

Penduduk Amerika Serikat berjumlah 331 juta jiwa, terbanyak ketiga di dunia setelah Cina dan India. Sebagian besar penduduk Amerika Serikat adalah penduduk imigran kulit putih yang berasal dari Benua Eropa. Luas wilayahnya Amerika Serikat mencapai 9,83 juta kilometer persegi.

Negara Super Power (Adi Kuasa) yang dikenal dengan sebuutan negara Paman Sam ini memiliki 50 Negara Bagian. Karenanya, Amerika disebut sebagai Republik Federal.  Setiap Negara Bagian dipimpin oleh Gubernur yang menjabat sebagai Kepala Negara Bagian.

Amerika Serikat memiliki berbagai variasi iklim sebagai berikut:

1. Iklim laut sedang

2. Iklim kontinental (daratan)

3. Iklim subtropics

4. Iklim Mediteran

5. Iklim Kutub


Di Amerika Serikat juga ada 4 musim, yaitu:

1. Musim Semi

2. Musim Panas

3. Musim Gugur

4. Musim Dingin

Sementara kondisi alamnya, Amerika Serikat terdiri atas 2 rangkaian pegunungan besar, yaitu pegunungan Rocky dan pegunungan Appalachia. 

Bahkan di Amerika Serikat ada gunung Mauna Kea, sebuah gunung berapi tak aktif di Hawaii. Walau punya ketinggian 10.203 meter. Namun dianggap bukan yang tertinggi di dunia karena sebagian besar badan gunung berada di dasar laut. (gunung tertinggi di dunia adalah Mount Everest di perbatasan Nepal dan Tibet bila diukur di atas permukaan laut).

Amerika Serikat juga punya 2 sungai besar dan panjang, yakni Sungai Missiouri (3.768 km) dan Sugai Missisipi (3.734 km)


2. Inggris

 

Inggris, secara internasional disebut UK (United Kingdom) atau Great Britain (Britania Raya). Inggris pada dasarnya terdiri dari empat negara yang berada di dalam kedaulatan Britania Raya. Keempat negara tersebut adalah Inggris, Irlandia Utara, Wales dan Skotlandia.

 


Inggris menganut sistem pemerintahan Monarki (kerajaan) Konstitusional. Kepala Negara Britania Raya adalah seorang Ratu yaitu Ratu Elizabeth II yang berkuasa sejak tahun 1952. Sedangkan Kepala Pemerintahannya adalah seorang Perdana Menteri  yang dipilih oleh rakyatnya setiap lima tahun melalui pemilihan umum legislatif. Saat ini Perdana Menteri Inggris adalah Boris Johnson.

                         (Perdana Menteri Boris Johnson dan Ratu Elizabeth II)

 

Luas wilayah Britania Raya adalah sebesar 243.610 km2 dengan jumlah penduduk sebanyak 65.105.246 jiwa. Kota-kota besar Britania Raya diantaranya adalah London, Manchester, Birmingham, Glasgow, Southampton/Portsmouth dan Liverpool.

Sungai terkenal di Inggris adalah Sungai Thames. Sebanyak 15 jembatan melintasi sungai Thames, termasuk Jembatan London.

Negara ini juga dikelilingi lautan, sehingga memiliki iklim laut dengan ciri sejuk dan basah. Karena itu, hampir sepanjang tahun Inggris mengalami hari-hari yang sejuk dan dingin. Suhu udara tertinggi yang pernah tercatat mencapai 38,50° C pada musim panas dan -26,10° C pada musim dingin.

Seperti negara Eropa lainnya, UK juga adalah negara dengan 4 musim setiap tahunnya: musim semi, musim panas, musim gugur, musim dingin.


3. Australia

Penduduk asli negara Australia yaitu Suku Aborigin. Namun, sayangnya jumlah suku ini terus berkurang. Pada abad ke-18, Australia diduduki oleh Inggris Raya dan dijadikannya sebagai tempat pembuangan para pelaku kriminal karena penjara di Inggris sudah tidak mampu menampung narapidana.


                                                                         (orang aborigin)

Sistem pemerintahan yang dianut oleh Australia adalah sistem pemerintahan Monarki Konstitusional Federal yang mengakui Ratu Inggris sebagai Kepala Negaranya atau sering disebut dengan Commowealth Realm.

Negara Australia yang memiliki luas wilayah sebesar 7.741.220 km2 ini berbatasan laut dengan Indonesia, Papua Nugini, Timor Leste di sebelah Utaranya, berbatasan laut dengan Selandia Baru disebelah tenggaranya. Australia juga berbatasan laut dengan Kepulauan Solomon dan Vanuatu di sebelah timur laut.

Australia demikian luas sehingga mengalami sebagian besar kondisi iklim, dari musim tropis ke cuaca panas, kering dan salju. Namun, cuaca pada umumnya hangat dan sedang, khususnya di kota-kota pesisir yang besar.

Australia mempunya fauna unik atau endemik yang disebut Marsupial.  Setidaknya ada 140 spesies marsupial, termasuk diantaranya kanguru, walabi, koala, dan wombat. 

 

Hewan endemik lain adalah Monotremata, atau mamalia bertelur. Hewan monotremata yang paling khas adalah Platipus, yaitu hewan penghuni sungai berparuh seperti bebek, berambut antiair di sekujur badannya, serta dengan kaki berselaput.

 platipus,bebek berbisa | hornets 

                                                (Platipus, mamalia bertelur)

 

 

 REVIEW!

(Kerjakan di buku folio)


1. Penduduk asli Amerika Serikat adalah suku......

2. Amerika Serikat berada di urutan ke........ negara dengan penduduk terbanyak di dunia.

3. Mengapa Amerika Serikat disebut Republik Federal? jelaskan! 

4. Sebutkan 2 nama rangkaian pegunungan besar dan 2 sungai terpanjang di Amerika Serikat!

5. Britania Raya (Inggris) terdiri dari 4 negara. Sebutkan!

6. Sistem pemerintahan Inggris adalah monarki Konstitusional karena mempunyai kepala pemerintahan seorang perdana menteri dan seorang kepala negara yakni..... 

7.  Penduduk asli Australia adalah suku......

8.  Sebutkan sedikitnya 5 hewan endemik Australia!



Komentar